Gudang Data dalam Customer Relationship Management

April 28, 2011 at 6:36 am Leave a comment

Saat ini kebutuhan akan data historis berperan besar, terutama dalam area pemasaran.  Perusahaan menyadari bahwa membina hubungan jangka panjang dengan pelanggan adalah suatu strategi yang bagus.  Strategi mempertahankan pelanggan yang sudah ada akan menelan biaya yang lebih murah daripada berupaya mendapatkan pelanggan baru.  Oleh karena itu, perusahaan melakukan upaya-upaya untuk memahami para pelanggannya sehingga kebutuhan mereka akan dapat dipenuhi dan mereka akan tetap setiap kepada perusahaan.

Para manajer perusahaan kemudian berkeinginan untuk dapat melacak perilaku pembelian para pelanggan selama jangka waktu yang cukup panjang.  Basis data-basis data yang ada dalam perusahaan pun diupayakan untuk memberikan data historis meskipun terbatas.  Basis data yang ada jarang mengandung data historis lebih dari satu tahun.  Hal ini memicu hadirnya kebutuhan baru yakni menciptakan basis data yang mampu memuat data terbaru.

Data terbaru ini nantinya akan memungkinkan pengguna informasi untuk memiliki dasar terbaik dalam membuat keputusan dan memecahkan masalah.  Kebutuhan tentang basis data yang selalu memuat data aktual inilah yang merangsang lahirnya strategi pemasaran populer yang disebut dengan Customer Relationship Management (CRM).

CRM merupakan manajemen hubungan antara perusahaan dengan pelanggan sehingga baik perusahaan maupun pelanggannya akan menerima nilai maksimum dari hubungan ini.  Ketika sebuah perusahaan mencoba untuk mempraktikkan CRM, perusahaan tersebut akan menerapkan sebuah CRM system. Sistem CRM akan mengakumulasikan data pelanggan dalam jangka panjang yakni 5 tahun, 10 tahun, bahkan lebih, untuk memberikan informasi kepada para pengguna.

Unsur utama dalam sebuah sistem CRM adalah data warehouse atau gudang data.  CRM hanyalah salah satu aplikasi yang dapat mempergunakan data warehouse, tetapi ia dapat menjadi contoh yang baik untuk menjelaskan konsep tersebut.

.

Data Warehousing
Seiring dengan terakumulasinya data transaksi selama bertahun-tahun, maka volume data akan menjadi sangat besar.  Hanya dalam waktu belakangan ini saja teknologi komputer mampu mendukung suatu sistem dengan permintaan data berskala besar, sehingga kini dimungkinkan untuk membangun suatu sistem dengan kapasitas data yang hampir tak terbatas.

Data warehouse memiliki karakteristik sebagai berikut  :

1.  Kapasitas penyimpanannya sangat besar.

2.  Data diakumulasikan dengan menambahkan catatan-catatan baru, bukannya dijaga tetap paling mutakhir dengan memperbarui catatan-catatan yang sudah ada dengan informasi yang baru.

3.  Data dapat diambil dengan mudah.

4.  Data sepenuhnya digunakan untuk pengambilan keputusan, dan tidak digunakan dalam operasi perusahaan sehari-hari.

Membuat sebuah data warehouse terdengar sebagai tantangan besar, bahkan pada kenyatannya tantangannya bergitu besar sehingga para pakar merekomendasikan untuk mengambil pendekatan yang lebih sederhana.  Implementasi data warehouse kemudian dilakukan dengan cara bertahap menggunakan data mart (toko data) untuk menguraikan subjek.  Data mart merupakan suatu basis data yang berisi data yang hanya menguraikan satu segmen dari operasi perusahaan (pemasaran, sumber daya manusia, dan seterusnya).

Pembuatan dan penggunaan sebuah data warehouse atau data mart disebut data warehousing dan akan dilakukan oleh suatu sistem. Data warehouse akan memasukkan data ke dalam gudang, mengubah isinya menjadi informasi, dan menyediakan informasi tersebut kepada para pengguna.  Data dikumpulkan dari sumber-sumber data dan dikirimkan ke area pengumpulan sebelum dimasukkan ke dalam tempat penyimpanan data warehouse. (blog.akusukamenulis)

Sumber  :::

McLeod, Raymond Jr.  Management Information System. 2009.  Jakarta  :  Salemba Empat.


Entry filed under: management information system. Tags: .

Pengujian Substantif dalam Program Pemeriksaan Seni Perang “Sun-Tzu” dalam Manajemen Strategis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


The Shining Moon

Categories

Quotes of The Day

Visitors

  • 124,489 People

%d bloggers like this: