How you can negotiate it?

October 20, 2011 at 3:47 pm Leave a comment

 

 



Berikut ini adalah simulasi praktik negosiasi yang dipraktikkan di kelas “Leadership and Negotiation” pada Kamis, 20 Oktober 2011 di kampus STAN.  Simulasi ini dipraktikkan berdasarkan informasi nyata (true story) yang terjadi di perusahaan Nike.  Dalam simulasi kali ini, praktik negosiasi dilakukan oleh dua orang dimana masing-masing akan memerankan tokoh Alex dan C.J.

Informasi di bagian “situasi” harus dipahami oleh kedua tokoh dengan baik, sedangkan informasi tambahan selanjutnya hanya boleh diketahui oleh tokoh masing-masing saja.  Perbedaan informasi yang diterima masing-masing tokoh inilah yang nantinya akan menjadi bahan negosiasi diantara keduanya.   Kenaikan gaji adalah satu hal yang normal terjadi di sebuah perusahaan, bahkan konon salah seorang direktur utama Bank Mandiri pernah menaikkan gaji pegawainya hingga sebesar 19 kali gaji awal!  Semua tentu berdasarkan penilaian kinerja pegawai yang amat baik.

Nah, tertarik untuk melakukan praktik negosiasi?  Silakan mencoba simulasi di bawah ini.. 🙂

SITUASI

Alex dan C.J. bekerja untuk Nike di Portland, Oregon.  Alex adalah penyelia di laboratorium riset, sedangkan C.J. adalah manajer riset dan pengembangan.  Keduanya dulunya merupakan pelari di perguruan tinggi mereka dan sudah bekerja untuk Nike lebih dari enam tahun.  C.J. sudah menjadi bos Alex sejak dua tahun lalu.

Salah seorang pegawai Alex sangat membuat Alex sebagai atasannya merasa sangat bergembira.    Pegawai ini adalah Lisa Roland, yang bekerja sejak sebelas bulan yang lalu.  Dia berumur 24 tahun dan menyandang gelar S2 “insinyur” mekanis.  Gaji awal yang dia peroleh adalah $42,500 per tahun.  Dia diberitahu oleh Alex bahwa sesuai dengan kebijakan perusahaan, maka dia akan mendapatkan evaluasi pendahuluan pada enam bulan pertamanya bekerja dan evaluasi menyeluruh pada akhir satu tahun kerja.  Berdasarkan catatan kinerjanya, Lisa diberitahu bahwa dia dapat berharap kenaikan gaji setelah akhir masa satu tahun kerja.

Evaluasi Alex terhadap Lisa setelah enam bulan pertama kerja adalah sangat positif.  Alex memberi komentar bahwa dalam kerja yang sangat lama bersama Lisa, dia sangat kooperatif, teman-temannya di lab juga sangat senang bekerja bersamanya, serta dia dengan cepat dapat memberi pengaruh yang positif pada proyek yang di dalamnya Lisa terlibat.

Kini satu tahun berlalu, dan Alex kembali mereviu kinerja Lisa.  Alex berpikir bahwa Lisa adalah orang baru yang terbaik yang pernah dimiliki oleh departemen R&D.  Hanya dalam satu tahun Alex mengurutkan Lisa sebagai pegawai yang mempunyai kinerja terbaik ketiga di departemen yang terdiri dari sebelas pelaksana tersebut.

Gaji di departemen tersebut berbeda-beda.  Alex, misalnya, mempunyai gaji pokok $ 72,000 per tahun ditambah dengan hak memperoleh bonus antara $6,000 hingga $10,000 setahun.  Rentang gaji kesebelas pelaksana adalah $35,400 sampai $ 61,350.  Gaji yang terendah adalah yang terakhir direkrut dengan basis S1 Fisika.  Dua orang yang kinerjanya di atas Lisa mempunya gaji masing-masing $ 57,700 dan $ 61,350.  Keduanya sama-sama berumur 27 tahun telah bekerja di Nike selama tiga dan empat tahun.  Median dari gaji di departemen Alex adalah $ 51,660.

Alex mempunyai rencana pertemuan dengan C.J. untuk membahas kinerja dan perubahan gaji Lisa.  Pikirkan beberapa saat untuk mengatur strategi, lalu lakukan negosiasi selama selambat-lambatnya 20 menit.  Setelah selesai, catat hasilnya, catat pula waktunya penyelesaiannya serta teknik-teknik apa yang digunakan, dan nanti akan dibandingkan dengan hasil teman-teman lainnya.

Peran C.J.  :

Semua penyelia Anda biasanya berusaha untuk “memeras” Anda untuk menaikkan sebesar yang mereka bisa lakukan untuk anak buah mereka.  Anda memahami ini karena sebelumnya Anda adalah juga seorang penyelia dan Anda juga melakukan hal yang sama, tetapi bos Anda meminta untuk mengurangi biaya.  Bos Anda meminta untuk menjaga kenaikan gaji untuk perekrutan akhir-akhir ini umumnya berkisar antara 5 hingga 8%.  Bahkan Bos sudah menulis memo ke semua manajer dan penyelia mengenai masalah ini.  Meskipun demikian, bos Anda juga memperhatikan masalah keadilan dan gaji para pegawainya sepadan dengan yang mereka lakukan untuk perusahaan.

Anda mersa yakin bahwa bos Anda akan memberikan dukungan setiap rekomendasi kenaikan gaji yang Anda usulkan sepanjang hal tersebut dapat dipertanggungjawabkan.  Tujuan Anda adalah, sesuai dengan pengurangan biaya yang diharapkan oleh bos Anda, menjaga agar kenaikan gaji yang terjadi serendah mungkin.

Peranan Alex  :

Anda ingin agar Lisa memperoleh kenaikan gaji yang besar.  Meskipun dia masih muda, dia terbukti mampu membuat tambahan kemampuan yang sangat baik bagi departemen, dan Anda tak mau kehilangan dia.  Lebih penting dari itu, Lisa juga tahu secara umum berapa yang diperoleh para pegawai lainnya di departemen tersebut, dan dia merasa bahwa dirinya dibayar terlalu rendah (underpaid).

Perusahaan biasanya memberikan tambahan kenaikan gaji setiap tahunnya sebesar 5% meskipun 10% bukan tidak biasa, dan tambahan sebesar 20 hingga 30% juga pernah terjadi dan disetujui perusahaan.  Dalam pertemuan dengan C.J. tersebut Anda ingin menaikkan sebesar yang bisa disetujui oleh C.J.

Pertanyaan yang muncul selanjutnya adalah : pada angka berapakah gaji Lisa disepakati berdasarkan negosiasi tokoh Alex dan C.J. yang telah diperankan?  (blog.kampuskeuangan)

Entry filed under: leadership and negotiation. Tags: , , , , .

Tinjauan atas Praktik Good Governance dalam Rencana Kerja Pemerintah Peningkatan Kualitas Pelayanan Sektor Publik dengan Pendekatan Theory of Constraints

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


The Shining Moon

Categories

Quotes of The Day

Visitors

  • 124,489 People

%d bloggers like this: