Peningkatan Kualitas Pelayanan Sektor Publik dengan Pendekatan Theory of Constraints

October 22, 2011 at 8:29 am Leave a comment

Seiring dengan bergulirnya reformasi birokrasi, tuntutan masyarakat untuk menyelenggarakan pemerintahan yang baik (good governance) pun semakin mengemuka.  Krisis moneter yang berkepanjangan, kesenjangan ekonomi yang semakin tajam, supremasi hukum yang melemah, serta buruknya pelayanan publik yang dilakukan oleh birokrat semakin memperburuk tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah.  Kondisi ini pada akhirnya mendorong pemerintah untuk terus melakukan perbaikan dan berbenah terutama dalam kegiatan yang berkenaan dengan penyediaan layanan publik.

Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah dalam pembenahan birokrasi adalah mengimplementasikan akuntansi manajemen yang baik dalam penyelenggaraan pelayanan publik.  Sektor publik yang selama ini masih mengacu pada tata kelola pemerintahan tradisional, saat ini tengah digerakkan oleh prinsip-prinsip akuntansi bisnis yang baik dan modern berdasarkan asas keadilan sosial.  Pemerintah saat ini tidak lagi diharapkan menyediakan pelayanan publik dengan mutu rendah, melainkan didorong untuk memberikan pelayanan terbaik sesuai dengan keinginan para pelanggan yakni masyarakat itu sendiri.

Pengembangan teori Akuntansi Manajemen di sektor publik pun terus dikembangkan hingga saat ini.  Sekolah Tinggi Akuntansi Negara Jakarta sebagai salah satu sekolah tinggi kedinasan yang berkonsentrasi di bidang akuntansi dan keuangan publik terus melakukan pengembangan dan penelaahan atas penerapan akuntansi manajemen di sektor publik ini. Prinsip-prinsip akuntansi manajemen berbasis bisnis yang dapat diadopsi dalam sektor publik ditinjau dan dianalisis lebih lanjut penerapannya dalam birokrasi guna mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) sesuai dengan harapan masyarakat.

Theory of constrainst (TOC) merupakan salah satu teori dalam akuntansi manajemen bisnis yang dapat diadopsi oleh pemerintah dalam penyediaan layanan publik yang berkualitas. Namun harapan untuk memberikan produk pelayanan yang berkualitas ini tidak menutup kemungkinan timbulnya hambatan dan  keterbatasan (bottleneck) dalam setiap proses penyediaan jasa. Dalam kerangka pemikiran inilah, penerapan TOC dalam sektor publik dianggap mampu untuk menguraikan metode pemaksimalan kualitas pelayanan dan meningkatkan throughput contribution melalui upaya penurunan investasi dan biaya operasi pelayanan publik, dengan harapan peningkatan kinerja secara keseluruhan.

Dalam tulisan ini, penulis mencoba untuk menguraikan hambatan dan keterbatasan (bottleneck) yang ada dalam penyediaan layanan publik.  Studi kasus yang diambil adalah keterkaitan proses pelayanan pendaftaran tanah pada Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan Kantor Pelayanan Pajak Pratama.  Proses pembelajaran dalam pembahasan masalah diharapkan mampu menguraikan kendala dan hambatan dalam pelayanan pengurusan sertifikat tanah serta memberikan solusi alternatif yang mencukupi dalam peningkatan kualitas pelayanan di sektor publik, terutama berkaitan dengan Badan Pertanahan Nasional dan Kantor Pelayanan Pajak Pratama.

Tulisan lebih lengkap mengenai “Peningkatan Kualitas Pelayanan Pemerintah dengan Pendekatan Theory of Constraints pada Sektor Publik : Studi Kasus Keterkaitan Proses Pendaftaran Tanah pada Badan Pertanahan Nasional dan Kantor Pelayanan Pajak Pratama” dapat diunduh di sini.

Entry filed under: cost accounting. Tags: , , , , , , .

How you can negotiate it? Dokumentasi Simulasi Audit Sistem Informasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


The Shining Moon

Categories

Quotes of The Day

Visitors

  • 124,489 People

%d bloggers like this: